OSPEK


Sekarang ini memasuki tahun ajaran baru bagi pelajar di Indonesia, dan dari setiap tahunnya juga selalu terdapat acara pengenalan sekolah bagi pelajar yang baru atau yang disebut dengan Masa Orientasi Siswa (MOS) dan ada pula menyebutnya Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK). Masa orientasi seperti ini sering ditemui di tiap sekolah, mulai dari tingkat SMP, SMA hingga sampai ke Perguruan Tinggi. Sekolah yang mengadakan MOS ini tak pandang dari sekolah negeri maupun swasta.

MOS tersebut berfungsi untuk melatih ketahanan mental, disiplin dan mempererat tali persaudaraan dan juga dipakai sebagai sarana perkenalan kepada siswa baru terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut. Namun yang terjadi di negeri ini malah kebanyakan tidak sesuai dengan tujuan dari kegiatan MOS tersebut dan tentunya sangat berbeda sekali jika dibandingkan dengan MOS di luar negeri. Dan masih perlukah kegiatan MOS tersebut diadakan?

 

MOS (c) fotohi.blogspot.com

Berikut ini tujuan dari MOS :
Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan MOS antara lain :
1. Memperkenalkan siswa pada lingkungan sekolah yang baru.
2. Memperkenalkan siswa pada seluruh komponen sekolah terutama aturan, norma, tata tertib yang berlaku didalamnya.
3. Memperkenalkan siswa pada suatu organisasi.
4. Memperkenalkan siswa dengan lagu-lagu hymne dan mars sekolah tersebut.
5. Memperkenalkan siswa dengan semua kegiatan di sekolah.
6. Mengarahkan siswa dalam memilih kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan bakat mereka miliki.
7. Menanamkan sikap mental, spritual, budi pekerti yang baik, rasa tanggung jawab, toleransi maupun berbagai nilai positif lain dari diri siswa tersebut sebagai implementasi penanaman konsep iman, ilmu dan juga amal.
8. Menanamkan berbagai wawasan dasar pada siswa sebelum masuk dalam kegiatan pembelajaran secara formal didalam kelas.

Dari tujuan MOS tersebut sangatlah bagus namun kenyataannya banyak yang berbeda dilapangan dan jauh dari tujuan MOS itu sendiri. MOS yang terjadi kebanyakan sebagai ajang perploncoan, balas dendam kakak kelas, luapan amarah kakak kelas kepada siswa baru dan kegiatan seperti ini secara turun menurun dilakukan.

Namun apa yang diungkapan seorang penulis Galih Hendro Martono dalam lamannya galih.students.uii.ac.id yang bercerita tentang pengalamannya di MOS, “sewaktu saya SLTP mengikuti MOS ketika itu disuruh jalan sambil jongkok serta adanya kegiatan luapan emosi kakak-kakak kelas, menulis surat cinta buat kakak kelas, hal itu tidak sejalan dengan tujuan MOS tersebut bahkan setelah lulus pun lagi-lagi harus mengenal kegiatan MOS yang seperti itu yaitu disuruh buka baju kecuali celana dan hal tersebut sampai membuat heboh dan membuat malu pihak sekolah, Apakah masih ada manfaatnya dari kegiatan seperti itu ?. ungkapnya.

Berbeda dengan MOS diluar negeri yang sangat berbeda jauh dengan negeri ini yang dimana kalau di luar negeri MOS merupakan kegiatan yang menyenangkan dimana sekolah maupun instansi mengadakan kegiatan yang positif seperti acara masak bersama, selain itu juga MOS disana sebagai ajang memperkenalkan ekskul yang ada didalamnya dan benar sekali tujuan MOS diluar negeri benar-benar kesampaian yang siswanya pun merasakan sekali manfaatnya.
Inilah perbandingan MOS diluar negeri dan MOS di indonesia sebagai berikut :

 

 

 

 

 

 

Kegembiraan Usai MOS

Jika dibandingkan dengan MOS di Indonesia :

 

 

 

 

Foto-foto MOS (c) irtonmadika.wordpress.com

Kesimpulannya adalah MOS di luar negeri mendidik angkatan baru sedangkan MOS di Indonesia menundukkan angkatan baru.

Untuk itu ini menjadikan pembelajaran bagi pemerintah maupun instansi agar lebih menjadikan kegiatan MOS supaya lebih bermanfaat, meskipun tidak semua instansi melakukan kegiatan MOS yang diluar tujuan MOS, semoga kegiatan MOS kedepannya semakin lebih baik lagi dan terhindar dari berita negatif yang sebenarnya tujuan dari MOS tersebut sangat bermanfaat untuk siswa baru.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s