Jangan Lebay Pliss…


Kata Lebay ..tiba-tiba populer setelah SBY tersinggung dengan kata tersebut menanggapi aksi demo beberapa hari yang lalu

Lebay adalah sebuah kata istilah yang kemunculannya pernah saya dengar sejak tahun 2006 itu berarti melebih-lebihkan diri sendiri tanpa memperdulikan tanggapan ataupun pertimbangan-pertimbangan yang ada ditengah masyarakat. Dalam arti singkatnya, Lebay bisa berarti Sombong / Egoistik / Terlalu berlebihan. Dalam berpendapat, mereka yang Lebay biasanya menanggap diri mereka yang benar dan apa yang menjadi sudut pandang ataupun pendapatnya sudah menjadi ketetapan yang sulit diubah lagi. Mereka yang Lebay, sulit untuk menerima pengakuan orang lain yang tidak dia sukai tentang dirinya. Sangat senang menerima apa yang menjadi harapannya dan menolak apa yang tidak dia sukai. Contoh yang paling simpel, bisa kita lihat pada para anggota DPR yang seakan-akan mereka adalah para manusia Mulia dan Tanpa Dosa. Itulah contoh manusia Lebay. Simpel mungkin terdengar, tapi kenyataannya mereka yang tergolong manusia Lebay biasanya memancing keengganan manusia lain untuk mendekat kepada mereka yang Lebay. Mereka yang Lebay, dengan sikap mereka seperti itu sama saja membuat tembok yang tinggi untuk orang lain mengenal dan menjalin sebuah hubungan yang baik. Biasanya orang lain akan menjaga jarak terhadap mereka yang termasuk kedalam katagori ini.

Mereka yang Lebay cukup BERBAHAYA, jikalau ada sesuatu yang tidak mereka sukai dari diri seeorang mereka langsung bersikap MENYERANG dan MENGHAKIMI bahwa orang yang mereka maksud adalah manusia yang salah dan munculah istilah SAYA YANG BENAR. Jadi kesimpulan ringkasnya, Lebay adalah sebuah sikap PEMBENARAN DIRI. Sikap seperti ini adalah sikap yang sangat berbahaya, tidak hanya terhadap dirinya sendiri tapi juga bagi orang lain.

One thought on “Jangan Lebay Pliss…

  1. Lebay……seingat saya dulu pas denger cerita soal “Pak Lebay dan Garam” artinya “bodoh”.
    Entah sejak kapan kata ini berganti arti, tapi hakekatnya sih sama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s